Need help?

0291 4299172 info@masultanhadlirin.sch.id

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA)

Penguatan profil pelajar Pancasila pada madrasah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu; 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil ‘alamin. Pelajar Pancasila adalah pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia. Pelajar Pancasila selalu mengajak untuk merealisasikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

Profil pelajar rahmatan lil ‘alamiin adalah profil pelajar Pancasila di madrasah yang mampu  mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di madrasah, serta mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosok yang moderat, bermanfaat di tengah kehidupan masyarakat yang beragam serta berkontribusi aktif menjaga keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia. Pelajar Pancasila yang rahmatan lil ‘alamiin mengajak untuk memberikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan untuk sesame manusia serta semua makhluk ciptaan Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dapat dirancang secara terpisah atau terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran proyek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

Projek penguatan profil pelajar pancasila MA Sultan Hadlirin Mantingan dilaksanakan pada bulan April 2024. Tema utama yang dipilih pada semester genap kali ini yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya dan Kewirausahaan.

Bangunlah jiwanya dan bangunlah badannya merupakan amanat para pendiri bangsa sejak Indonesia merdeka. Peserta didik memahami bahwa pembangunan itu menyangkut aspek jiwa dan raga, jiwa yang sehat ada di tubuh yang sehat. Peserta didik membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Tema ini diimplementasikan dengan kegiatan Bersih Pantai Teluk Awur pada hari Sabtu, 27 April 2024. Peserta kegiatan tersebut yaitu perwakilan siswa kelas X dengan  melibatkan Pengurus OSIS yang dikoordinasi oleh M. Adib Choirun Niam selaku Pembina Pramuka.

Pada hari Senin, 29 April 2024 diadakan pentas seni sebagai lanjutan dari perwujudan gelar karya P5RA dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya. Pentas seni ini diikuti oleh perwakilan setiap kelas dengan menampilkan seni baca puisi, kelompok paduan suara, dan pementasan seni tari, drama, dan menyanyi.

Gelar karya tersebut juga mengangkat tema Kewirausahaan  dengan tujuan melatih peserta didik mengidentifikasikan potensi ekonomi lokal dan upaya-upanya untuk mengembangkannya yang berkaitan dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui Kegiatan kewirausahaan dapat menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan peserta didik. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.

Untuk tema Kewirausahaan, setiap kelas menyuguhkan beberapa minuman dan makanan. Modal untuk berjualan mereka peroleh dari madrasah yang akan dikembalikan setelah acara selesai. Laba yang mereka dapatkan dimasukkan ke dalam kas kelas untuk kebutuhan kelengkapan kelas ataupun dana sosial kelas.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas diselenggarakan dengan tujuan dapat membentuk profil pelajar pancasila dalam diri peserta didik MA Sltan Hadlirin. Sebab kehadiran pelajar madrasah sebagai Pelajar Pancasila di tengah kehidupan mampu mewujudkan tatanan dunia yang penuh kedamaian dan kasih sayang. Pelajar Pancasila selalu mengajak untuk merealisasikan kedamaian, kebahagiaan, dan keselamatan baik di dunia maupun akhirat. (Zun)

No Comments

Post a Comment